Sampingan

Sentra Mebel Jepara

Bismillaahirrahmaanirrahiim….

Masih betah jalan-jalan di Jepara? Hayuk ah kita come on. Sebelum kita keliling tempat wisata, saya mau cerita sedikit tentang keseharian warga kami.

Dari awal saya menyebutkan bahwa lokasi Jepara merupakan kawasan Pantura. Walaupun begitu, tidak semua masyarakat kami menjadi nelayan. Sebenarnya kami mempunyai bermacam-macam pekerjaan mulai dari nelayan, pedagang, petani, pegawai kantoran, serabutan dan banyak lainnya. Terus terang, untuk pegawai kantoran yang bekerja di gedung pencakar langit macam kota besar tidak ada. Jepara aman dari gedung-gedung tinggi.

Pekerjaan kami sebenarnya tergantung di mana kami tinggal dan bekerja. Jepara sendiri daerahnya bukan hanya pantai tapi ada daratan dan juga pegunungan. Jadi semua pekerjaan tinggal pilihan masing-masing individu.

Kalau ditanya manyoritas, hampir semua daerah di Jepara ada pengrajin kayu atau mebel atau furniture. Mau kecil atau besar, pasti ada. Dari mebel kayu ini banyak pekerjaan yang terbentuk. Mulai dari tukang kayu, pengukir, amplas, sampai penjual barang mebel berupa almari, meja, patung, dan lainnya.

Furniture Jepara sendiri sudah terkenal bahkan sampai ke manca negara. Kamu sotoy, Ji!

Ini fakta kalau tak percaya silakan browsing. Saya sendiri beberapa tahun bekerja di industri mebel dengan buyer dari berbagai negara.

Untuk sekedar jalan-jalan cantik, kita bisa mengunjugi Sentra Industri Seni Patung dan Ukir di Jepara tepatnya di desa Mulyoharjo. Di sini kita bisa melihat berbagai macam furniture menarik hasil karya warga Jepara. Di desa ini juga beberapa kali diliput di TV untuk memperkenalkan furniturenya.

Waaa saya jadi cerita ke mana-mana. Ya begitulah mayoritas pekerjaan kami. Bagaimana dengan daerahmu?

Sumber Gambar:
http://tourstraveljepara.blogspot.in/

Iklan

One response to “Sentra Mebel Jepara

  1. Belum pernah ke Jepara. Hebat ya kalau memang banyak yg terlibat di bisnis ukiran ini di Jepara. Asalnya dari mana ya kok bisa Jepara jadi sentral ukiran yg terkenal ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s