Sampingan

Legenda dan Mitos Air Terjun Songgo Langit

Bismillaaahirrahmaanirrahiim….

Setiap daerah punya cerita, legenda bahkan mitos-motos yang dipercaya dan berkembang di masyarakat. Nah, setelah kita kemarin berkenalan dengan furniture Jepara, sekarang kita tengok legenda Jepara.

Sebenarnya banyak sekali legenda di Jepara yang terkenal. Ya karena setiap daerah di Jepara punya cerita yang berbeda. Untuk kali ini saya akan bercerita tentang Air Terjun Songgo Langit.

Songgo Langit merupakan nama air terjun yang ada di Jepara. Letaknya di desa Bucu, Kembang, Jepara. Kalau dari pusat kota, kita menuju arah utara ke daerah Keling. Jauh? Lumayan. Bagi penggemar medan ekstrim, Air Terjung Songgo Langit bisa dijadikan tempat jelajah asyik.

Selain menawarkan view yang indah. Legenda air terjun ini tidak boleh dilewati. Dulu ada sepasang kekasih dari daerah yang berbeda. Si lelaki dari Tunahan sementara si perempuan dari dukuh Sumanding, Kembang, Jepara. Err jadi ingat teman yang dari daerah sana. Mau sekolah saja berangkat subuh #Curhat. Dua daerah tersebut dipisahkan oleh sungai yang yang airnya mengalir menjadi air terjun.

Akhirnya, mereka ini menikah. Kalau di Jepara, ada adat saat lamaran itu membawa perkasas dapur. Kalau sekarang sih tinggal kesepakatan kedua belah pihak. Balik ke jama dulu. Ceritanya si lelaki ini lupa bawa. Jadi menikah? Tetep dong.

Saat pagi tiba, si istri menyiapkan sarapan untuk suami. Berhubung masih di rumah ortu si istri, si istri ini agak berisik waktu di dapur. Nah, Ibunya ngingetin agar tidak berisik. Sayangnya ada kalimat si Ibu yang kurang berkenan di telinga menantunya di mana diungkit tentang perkakas dapur yang lupa diberikan. Lalu si suami pun mengajak si istri untuk pulang ke desanya.

Mereka pun pulang dengan menaiki semacam gerobak. Di tengah kegelapan dan medan yang curam mereka terpeleset dan jatuh ke bawah air terjun. Jasad mereka tidak pernah ditemukan. Akhirnya muncullah mitos larangan menikah dari Tunahan dan Sumanding. Bisa-bisa rumah tangga mereka tidak bahagia. Katanya sih.

Oh iya, barang siapa mandi atau cuci muka dengan air terjun tersebut, katanya bikin awet muda. Tapi gak tahu juga wong katanya, hehehe.

Walaupun begitu, sangat dilarang berenang atau mandi di bawah air terjun. Kenapa? Karena ada palung yang sangat dalam. Bukan menakuti, tapi beberapa orang pernah tersangkut di dalam air tersebut. Ada yang jasadnya langsung ketemu ada yang pakai ritual baru beberapa hari ketemu. Kematian memang tidak ada yang tahu. Tapi, bukan berarti kitanya jadi takut ke mana-mana. Keep smile dan selalu percaya sama Tuhan.

Bagaimana dengan legenda dan mitos di daerahmu?

Photo by Santo Young. Narsis biar keren ๐Ÿ˜€

Iklan

3 responses to “Legenda dan Mitos Air Terjun Songgo Langit

  1. Salah fokus sama ceritanya, air terjunnya kerenn pisaann ๐Ÿ˜€

  2. nice story kakak ๐Ÿ™‚

  3. jiaaahhh serem jg tuh ada palungnya…. tapi sbnrnya aku jg takut utk mandi di air terjun gitu mba… ngebayangin air deras dr atas aja udh serem duluan ;p.. sakit jg itu kalo kena ke bdn ato kepala…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s