Tumis Kembang Turi

Bismillaahirrahmaaniirrahiim….
Saatnya masak!!!
Pernah dengar Turi? Itu lho pohon yang kurus, ada bunganya putih juga merah. Nama latinnya Sesbania grandiflora. Biji Turi berbentuk polong, direbus enak. Kalau saya lebih suka bunganya. Kadang penjual pecel juga nyampurin bunga ini dengan rebusan daun yang lain. Endos deh!

Nah, kali ini saya mau share Tumis Kembang Turi. Bahannya:
Bunga Turi. Buang bagian tengah bunga dan cuci.
Bawang Merah, Bawang Putih, Cabe, iris tipis.
Gula, Garam
Cara masak:
Tumis bumbu, Bawang Merah, Bawang Putih dan Cabe sampai harum. Masukkan Bunga Turi. Oseng-oseng. Tambahkan Garam dan Gula sesuai selera. Secukupnya aja, wong bukan buat kolak. Setelah bunga layu, siap disajikan.
Catatan:
Tumis Bunga Turi ini jangan lama-lama. Kalau kelamaan masak, rasanya pahit.

1252
Manfaat Turi:
Dari pohon, bunga, daun sampai polongnya bisa dijadikan bermacam-macam obat. Bisa untuk menambah ASI. Obat Sariawan, diare, muntah, batuk pilek, maupun luka. Kalau nggak percaya, tanya aja Google atau ahli gizi.
Bagaimana? Endos kan? Murah, berhasiat pula!

24 responses to “Tumis Kembang Turi

  1. wahh kapan2 coba ah,
    belum pernah coba nih sebelumnya

  2. Weleh.. Kamu bisa masak to?
    Banyak yg ngeluh mbangturi pahit, padahal cuma salah masak ya. Hehehe
    Aku love banget menu ini. Apalagi kalo banyak irisan merahnya. Sueger, wangi, puedes & endes.

  3. Kyaaaa mantap iku mbk. Pas dimaem anget2 hehhee

  4. Kyaaaa mantap iku mbk. Pas dimaem anget2 hehhee

  5. Aku suka osengoseng tumisan begini. Tapi kalau daun turi kaya aku belum pernah deh.

  6. nyummy nyummy. kembang ini kalo dimasak jadi lembut banget. enak di perut hehe

  7. wah biasanya aku sih suka untuk pecel

  8. biasanya mah aku dipakai untuk pecel

  9. Aduh, di tempatku ga ada yang jual kembang turi ini 😦

  10. waah dapet inspirasi resep baru nih… makasi mbaak… semoga ntar pas bikin jadinya nggak pahit..

    salam kenal ya mbak :*)

  11. ga pernah nyoba nih
    di sini kayaknya susah cari kembang turi

  12. Aku juga suka banget nih mbak. Banyak vitamin

Tinggalkan Balasan

